COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

Fatwa Haram Merokok, Lompatan Jauh Muhammadiyah


Arif Nur Kholis
Selasa, 09 Maret 2010
//

Jakarta – Seto Mulyadi, Ketua Komnas Perlindungan Anak, atau yang lebih dikenal dengan nama Kak Seto, menyambut baik keputusan PP Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih dan Tajdid yang mengharamkan merokok. “Jutaan anak-anak Indonesia berterimakasih kepada PP Muhammadiyah, dan akan tercatat tinta emas negeri ini karena jutaan anak terselamatkan dari bahaya asap rokok” kata Seto di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl menteng Raya no. 62 Jakarta Pusat. Kak Seto hadir memberikan testimoni dalam acara Press Conference Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tentang Hukum Merokok, Selasa (09/03/2010).

Menurut Kak Seto, kita tahu anak-anak banyak yang digiring untuk menjadi perokok oleh produsen dengan gencarnya iklan rokok di media. “Fatwa ini juga akan menjadi pendorong pertemuan antar kementrian yang masih saja diinterfensi oleh produsen rokok” katanya.

Sementara itu, Dr. Alex Papilaya, Direktur Perusahaan Tobacco Control Support Center (TCSC) menyatakan juga dalam forum itu bahwa hari ini merupakan hari luar biasa tidak saja bagi Muhammadiyah, namun juga untuk Bangsa Indonesia. “Fatwa ini adalah fatwa yang dampaknya luas untuk kesehatan masyarakat luas” katanya. “Semoga bisa diikuti oleh seluruh umat Islam di Indonesia maupun, yang lainnya” lanjutnya. “Sehingga kualitas kesehatan dan produktifitas masyarakat Indonesia meningkat” pungkasnya.

Sedangkan bagi artis Fuad Baraja, yang juga aktivis Lembaga Menanggulangi Masalah Rokok, keluarnya Fatwa Haramnya Merokok ini merupakan lompatan jauh dari Muhammadiyah, dan juga lompatan besar bagi bangsa Indonesia. (arif)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: