COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

Efek Buruk Banyak Minum Softdrink


Soft drink (minuman ringan) merupakan jenis minuman yang banyak digemari oleh kalangan muda. Seperti yang telah kita ketahui bersama jika soft drink mengandung komposisi banyak soda karena minuman ini termasuk dalam jenis minuman berkarbonasi.

Selain rasanya yang khas, meminum soft drink juga dapat menjadi semacam tradisi tersendiri saat kita berkumpul bersama teman, konsumsi saat mengadakan moment tertentu, atau sekedar minuman sehari-hari.

Akan tetapi, jika kita terlalu banyak mengkonsumsi soft drink akan dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Adapun efek negatifnya antara lain :

1. Meningkatkan berat badan.
Dengan kita mengkonsumsi soft drink akan meningkatkan resiko terkena obesitas (berat badan berlebihan) sekitar 32,8% lebih tinggi. Sedangkan diet coke (soft drink bebas gula) justru memberikan dampak lebih besar dalam  menjadikan kita obesitas sekitar 54,5%.

2. Mengandung banyak kalori yang tidak berguna.
Komposisi zat gizi yang terkandung dalam soft drink sebagian besar didominasi oleh tingginya kalori, dimana kandungannya mencapai 250 kalori per 600 ml. Di dalamnya tidak ada kandungan nutrisi yang berperan penting
bagi tubuh selain hanya gula dan kafein yang menimbulkan ketagihan.

3. Membuat kecanduan.
Soft drink juga ternyata dapat menimbulkan ketagihan bagi yang mengkonsumsinya. Alasannya adalah karena kafein yang terkandung di dalamnya yang dapat membuat seseorang tersebut merasa ketagihan dengan ingin terus meminum soft drink. Jika seseorang tersebut berhenti meminum soft drink, maka efek terburuk yang dapat dialami oleh orang tersebut karena pengaruh kecanduan seperti sakit kepala, gugup, depresi, menggigil, cemas.

4. Meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan diabetes.
Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa seseorang yang setiap hari mengkonsumsi soft drink akan berpotensi besar untuk terkena sindrom metabolik, yaitu sebuah kondisi yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes sebesar 44%. Penyebab dari diabetes ini sendiri merupakan pengaruh dari banyaknya kandungan gula yang terdapat dalam soft drink.

5. Mengurangi jumlah sperma.
Sebuah penelitian menunjukkan jika seseorang yang mengkonsumsi soft drink sebanyak 1 liter atau lebih setiap harinya akan bisa berbahaya bagi spermanya. Faktanya adalah seorang laki-laki yang rutin mengkonsumsi soft drink ternyata memiliki jumlah sperma 30% lebih rendah daripada yang tidak mengkonsumsi.

http://inspirasikecilku.blogspot.com/2010/07/efek-buruk-banyak-minum-soft-drink.html

Harry Prasetya

2 Komentar

  1. yoza

    knp diet softdrink bs memberikan dampk obesitas yg lebih tinggi dibandingkan dg softdrink biasa?

    • pkmbarambai

      dari beberapa artikel yang saya baca… soft drink lebih banyak mengandung gula. kesimpulan saya semakin banyak minum soft drink semakin banyak gula dikonsumsi dan itulah yang menyebabkan obesitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: