COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

Standard Operasional Prosedur


Dalam melaksanakan kegiatan keperawatan di Puskesmas ataupun di rumah sakit, diperlukan sekali aspek legalitas yang salah satunya adalah SOP (standard Operasional Prosedur). walau terlihat “tidak terlalu berguna” terutama pada layanan kesehatan dengan minim petugas dan jauh dari perkotaan. akan tetapi dengan makin meningkatnya masyarakat yang kritis terhadap kesehatan, dan juga penegak hukum yang mengatahui tentang aspek hukum kesehatan maka SOP ini menjadi SANGAT penting untuk disiapkan sebagai aspek legalitas kegiatan.

Ada baiknya setiap layanan kesehatan membuat SOP ini dan kemudian diajukan pada pimpinan pelayanan kesehatan seperti kepala Puskemas dan kemudian diajukan lagi ke kepala Dinas kesehatan serta PPNI agar bisa menjadi standard seluruh kegiatan perawat pada suatu wilayah.

Untuk itu perlu Perintis dalam melaksanakan terobosan itu. dan kalo tidak kita para perawat siapa lagi yang memikirkan profesi keperawatan ini. bagaimana teman -teman???

Beberapa SOP yang sudah saya susun dari berbagai literatur dan artikel mengenai SOP dapat dilihat dipelajari dan diterapkan untuk acuan teman-teman perawat. terima kasih kepada rekan-rekan blogger yang bersedia saya copas dan edit artikelnya..semoga Allah membalas apa yang sudah anda berikan selama ini .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: