COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

Catatan Pertemuan lima program


1 Oktober 2010

Kembali pertemuan dalam ragka evaluasi kinerja Puskesmas terutama beberapa program dilaksanakan oleh dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala di Aula Selidah Komplek Kantor Bupati Barito Kuala Marabahan. Pertemuan ini dihadiri oleh Lima pengelola program yaitu Program Kusta, TB Paru, Diare, Ispa, dan Kesling.

Pada pembukaannya, Kepala Dinas kesehatan yang diwakili oleh Kabid P2PL, Susana Hikmawati SKM,Mkes mengomentari tentang hasil penyerapan dari Bidang P2PL terutama lima program tadi. Hal ini secara administrasi sangat mengganngu perhatian karena apabila penyerapan tidak maksimal akan berdampak pada pengajuan anggaran yang akan datang sehingga bisa jadi anggaran yang diterima oleh Dinas Kesehatan terutama Bidang P2PL menjadi lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

Dampaknya lagi bagi petugas pengelola program adalah mereka dianggap tidak melakukan pekerjaan yang mendapat alokasi pembiayaan tersebut atau kasarnya Tidak bekerja.  Padahal pihak dinas kesehatan sendiri telah berulang kali mengingatkan semua Puskesmas agar melaksanakan kegiatan sehingga terjadi penyerapan dana.

Dalam diskusi terbuka, berbagai masalah dilontarkan, diantaranya adalah :

  1. Manajemen waktu yang dilakukan oleh pengelola program belum berjalan dengan baik
  2. Kelemahan dalam segi administrasi
  3. Manajemen keuangan terpadu
  4. Masalah personal
  5. Kesalahpahaman dalam pembuatan SPJ dll

Pada sesi selanjutnya diadakan review dan pengenalan program bagi pengelola program baru.

Walaupun acara ini dimaksudkan untuk MONEV ( monitoring dan evaluasi) akan tetapi tampak tidak effektif karena dalam satu hari menggabung 5 program dalam satu tempat pertemuan… namun tampaknya sebagaimana yang diutarakan oleh kabid P2PL bahwa pertemuan kali ini membahsa kesepakatan untuk merealisasikan anggaran dana yang sudah dialokasikan untuk semua program tersebut… wal hasil ….. teman-teman harus kerja keras dan kerja lembur….

Selamat berjuang…. Para pejuang kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: