COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

Ergonomi


Ergonomi berasal dari kata ergon yaitu Kerja dan Nomos artinya peraturan

Ergonomic ternyata sudah mulai dipikirkan sejak zaman dahulu kala. Pada Yunani kuno, pada perang dunia ke dua dan tampak dari upaya kesehatan Masyarakat pada tahun 1960 an

pada zaman dulu orang sudah membangun bangunan dengan menggunakan batu-batu besar. agar mudah membawa maka digunakanlah panggulan yang lentur agar dapat dibawa oleh beberapa orang dan tidak menyebabkan bahu mengalami kesakitan dan kram.

sama halnya ketika membawa batu besar piramid dengan menggunakan gelondongan kayu sebagai roda.

saya teringat bagaimana Muhamad al fatih menyebrangkan ratusan kapal melewati gunung dalam waktu satu malam agar tidak terlihat oleh musuh. caranya dengan membuat jalur yang kemudian dilumuri minyak. sungguh sebuah penggunaan ilmu ergonomi yang cemerlang.

Pada Perang dunia kedua posisi pilot didalam kokpit sangat tidak strategis hanya diberikan tempat duduk seadanya yang mengakibatkan kelelahan karena pilot kepanasan dan mengalami dehidrasi. mulailah dipikirkan bagaimana pilot merasa nyaman berada dalam kokpit dan dalam waktu yang lama. muncullah gagasan untuk membuat tempat duduk yang nyaman dan jaket khusus untuk pilot.

Definisi ergonomic :yaitu ilmu serta penerapannya yang berusaha untuk menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap orang atau sebaliknya, dengan tujuan tercapainya produktifitas dan effisiensi yang setinggi-tingginya melalui pemanfaatan manusia seoptimal mungkin ( suma’mur 1985)

Sedangkan Mulyono, 1988 menyatakan bahwa ergonomic adalah ilmu yang mempelajari manusia dan pekerjaan secara menyeluruh agar tercapai suatu kesesuaian yang serasi, tercipta keamanan, kenyamanan dan efisiensi kerja serta produktifitas

Erwin R 1973, menyatakan bahwa ergonomic adalah ilmu yang mempelajari manusia dalam hubungannya dengan pekerjaan, dengan segala aspek dan ruang lingkupnya.

Aspek dari pekerjaan yaitu : kelelahan stress kerja, kecelakaan, kecepatan kerja, ketahanan kerja, hasil kerja, dan system yang effektif.

Ruang lingkup dari pekerjaan yaitu alat kerja, cara dan sikap kerja, tempat dan lingkungan kerja ( fisik, kimia, biologi, psikologi dan sosial)

Dari berbagai pengertian diatas dapat disebutkan bahwa ergonomi mencakup berbagai disiplin ilmu seperti Biologi, Anatomi, Fisiologi, Psikologi dan sosiologi. Artinya ergonomic merupakan interdisciplinary science.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: