COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

COCILKU : RIHLAH KE PANTAI SWARANGAN


swarangan1Pantai Swarangan, terletak di desa Swarangan Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut. Perjalanan kali ini dikarenakan penasaran dengan pantai yang satu ini. Dan belum pernah kesini. Wal hasil kami tersesat sampai ke kintap (20Km dari jorong) perjalanan yang semula dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam dari Banjarmasin, menjadi jauh lebih lama dari perkiraan. Hal ini dikarenakan jalan menuju pantai tidak ada rambu penanda lokasi ketika akan masuk ke kawasan pantai.

Sebagai ilustrasi agar sobat cocilku tidak tersesat sebagaimana kami, dari kota pelaihari kalian bisa ambil arah jalan menuju Batu Licin/kota baru. Setelah sampai ke kecamatan jorong Sobat harus cari POM (yang benar POM atau PUMP ya??? Mungkin PUMP adaptasi dari B. Inggris yaitu pompa) bensin pertama dan sebelumnya disamping jalan sudah ada aroma ikan asin dari pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan. Dari POMP Bensin sekitar 100 – 200 meter ada simpang tiga. Ada pos kamling dan baliho hotel Daha. Ambil jalan kecil kekanan. Sobat tinggal terus lurus mengikuti jalan tersebut hingga sampai ke kawasan perumahan penduduk setelah paling ujung ada pertigaan lagi (setelah 10 Km dari pompa bensin) kesebalah kanan menuju pelabuhan dan kesebalah kiri menuju kawasan pantai Swarangan.

Jalan dari Banjarmasin sudah cukup baik dan mulus, transportasi cukup ramai hanya saja ketika memasuki daerah pantai Swarangan sepanjang kurang lebih 10 km masih rusak. Kiri kanannya semak belukar dan sepanjang jalannya sepi. Jadi bisa dibayangin kalo mogok ato kempis ban wah bisa nangis judulnya tuh. Tapi untuk sinyal telpon jangan kuatir masih oce. Jadi kalo ada apa-apa bisa nelpon. Sekitar 5 km setelah masuk dari jalan raya ada jalan tembus untuk kendaraan roda 2 menuju pantai. Yang nantinya tembus di pemukiman warga sebelah timur pantai (bagian ujung pantai).

Biasanya untuk memasuki kawasan wisata akan ada tiket masuk. Kebetulan kami berkunjung pada hari jum’at.pantai terlihat sepi dan tidak ada pengunjung. Oleh karena itu jika sobat kemari saya sarankan agar membawa bekal terutama jika hari tidak libur.

Pantai swarangan sendiri mempunyai pasir yang coklat. Akan tetapi cukup bersih. Landai dan memanjang sekitar 1 km. dapat dijumpai tanaman khas pantai seperti bakau, sejennis pinus, dan semak-semak. Cuman anehnya gak ada pohon kelapa. Kecuali dibagian perkampungan penduduk. Sobat bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, mencari kerang, bermain dan sebagainya. Angin pantai yang cukup kencang membuat ombak laut cukup besar. Jika ingin berjalan maka sobat bisa menyusuri pantai atau beristirahat di tempat yang disediakan. Di pantai ini sobat tidak akan bisa melihat sunset. Karena daratan pantai ada dibagian barat laut. Yang bisa dilihat adalah pemandangan matahari pagi (sunrise). Oleh karena itu jika ingin melihat pemandangan matahari pagi ada baiknya jika sobat menginap (kemping) atau menginap di hotel didekat pompa bensin.

Gambaran saya tentang pantai tentu saja seperti ma’lumatsabiqoh yang saya punya tentang pantai sebelumnya. Kotor, banyak sampah dan tidak dirawat dengan rapi. Sedikit terobati dengan pantai swarangan. Pantainya cukup bersih, airnya berwarna kebiru-biruan. Setelah beraktifitas sobat bisa membersihkan diri di tempat yg disediakan warga setempat berupa bilik kecil dari bambu. Tapi gak gratis.. pada saat kami berkunjung, satu ember air dihargai dua ribu. Kalo mandi bisa 2 sampe 5 ribu. Nah yang susah mencari tempat BAB. Sepertinya tidak ada jadi sobat harus menahan untuk sementara keinginan tersebut.

Tetapi sayangnya pantai ini tidak dirawat dan terkesan dibiarkan begitu saja. Gazebo yang dibuat oleh dinas pariwisata hanya tinggal kursi panjangnya saja. Atapnya sudah terlepas dan bolong. Tempat mandi juga masih memperihatinkan, apalagi tempat Buang air besar. Masih ada sampah berserakan dan kotoran sapi dimana-mana. Menambah buruk kesan pantai ini. Padahal jika dikelola dengan baik maka pantai ini bisa menjadi pantai dan obyek kunjungan wisata daerah yang baik.

swarangan2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: