COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

SKRIPSI HUBUNGAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BARAMBAI


BAB  I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar  Belakang

Tujuan  utama pembangunan kesehatan  adalah  untuk meningkatkan  derajat kesehatan masyakat yang optimal, sehat fisik, mental  dan sosial   serta beriman  dan  bertakwa  untuk  suatu  kehidupan sosial  ekonomi  yang  produktif  serta tatanan  berbangsa  dan  bernegara  secara berkesinambungan   (Depkes RI,1999)

Salah  satu  bentuk  upaya  pemerintah  dalam  meningkatkan  derajat  kesehatan  masyarakat  adalah melalui upaya  pelayanan  kesehatan  di puskesmas. Puskesmas merupakan  ujung  tombak  dalam  memberikan   pelayanan  kesehatan kepada  masyarakat dan sekaligus merupakan pos pelayanan  terdepan dalam pembangunan kesehatan  melalui  beberapa  program yang  dijalankan. (Puskesmas  Barambai, 2008)

Upaya  untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) adalah melalui penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolak ukur untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan publik dengan menilai public unsure pelayanan sehingga menjadi pendorong bagi setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya (Hasil survey IKKep/25/M.PAN/2/2004 ada 14 unsur pelayanan yang menjadi inti pertanyaan yang harus diukur untuk melihat tingkat kepuasan Masyarakat yaitu Kesederhanaan proses pelayanan, kesesuaian persyaratan pelayanan, kejelasan dan kepastian petugas yang melayani, kedisiplinan petugas, tanggung jawab petugas, kemampuan petugas, kecepatan pelayanan, keadilan dalam memberikan pelayanan, kesopanan dan keramahan, kewajaran biaya, kesesuaian biaya, ketepatan jadwal, kenyamanan lingkungan dan keamanan lingkungan.

Pemilihan  Puskemas  Barambai  sebagai tempat penelitian di karenakan   pada survei pendahuluan  yang dilakukan  pada  Puskesmas Barambai  ternyata mutu pelayanan di Puskesmas Barambai pada tahun sebelumnya masih dinyatakan baik walaupun ada beberapa hal seperti dalam kecepatan pelayanan masih belum memenuhi standar.

Berdasarkan hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat yang dilakukan oleh Puskesmas Barambai tahun 2010 mencapai nilai 78,25 dengan kategori Baik, Tahun 2011 mencapai nilai 76,69 dengan kategori baik, dan tahun 2012 dengan sedikit peningkatan nilai mencapai nilai 77, 57 dengan kategori baik. Sehingga secara keseluruhan kinerja Puskesmas Barambai dinilai baik akan tetapi peneliti menemukan dilapangan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk beberapa indikator seperti kedisiplinan pegawai, kecepatan pelayanan, ketepatan jadwal, kesopanan dan keramahan.

Peneliti memperhatikan bahwa prosedur pelayanan di Puskesmas Barambai masih menggunakan proses sangat sederhana dan minimal. kepastian dan keberadaan beberapa petugas masih belum jelas, kedisiplinan terutama mengenai waktu pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan dalam melayani pasien, petugas yang terlambat datang sementara pasien sudah datang terlebih dahulu merupakan fakta yang didapatkan dilapangan. Berdasarkan  uraian tersebut  diatas peneliti   tertarik   untuk melakukan penelitian  yang  bertujuan  menggali lebih jauh “Hubungan pelayanan kesehatan  dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Barambai Tahun 2013.

B. Rumusan  Masalah.

Berdasarkan  latar  belakang  tersebut  diatas  maka  penulis  dapat  merumuskan  masalah  ” Apakah ada Hubungan Pelayanan kesehatan  dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Barambai Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan”.

  1. C.    Tujuan   Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu :

a. Tujuan  Umum

Untuk mengetahui hubungan antara pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien.

b. Tujuan  Khusus.

1. Untuk mengetahui  gambaran pelayanan kesehatan di Puskesmas Barambai.

2. Untuk mengetahui  tingkat kepuasan pasien  Puskesmas Barambai.

3. untuk mengetahui hubungan antara pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Barambai.

D. Manfaat  Penelitian

Hasil penelitian ini   diharapkan  dapat  memberikan  sumbangan  pemikiran  yang   positif  terhadap  berbagai pihak yaitu :

  1. Masyarakat.

Dengan  adanya  penelitian  ini diharapkan masyarakat dalam hal ini khususnya para responden yaitu para pasien dapat berpartisipasi untuk memberikan saran dan kritik yang membangun terhadap pelayanan Puskesmas Barambai.

  1. Instansi

Di harapkan  dapat  menjadi bahan evaluasi dan bahan perbaikan  dalam  pelayanan kesehatan di Puskesmas Barambai. Dan  informasi  yang  berguna  bagi  manajemen  puskesmas  dalam  pengambilan kebijakan.

  1. Ilmu  pengetahuan

Diharapkan  dapat  memberikan  sumbangsih dan manfaat  bagi  ilmu  pengetahuan  serta berbagai aktivitas penelitian yang akan datang. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: