COCILKU

Coretan Kecilku untuk berbagi

Kegiatan program Kusta, dari penyuluhan hingga survey lapangan


Puskesmas Barambai termasuk dari puskesmas yang mendapatkan program eliminasi kusta. selama seminggu ini kegiatan eliminasi kusta giat dilaksanakan ke seluruh desa di wilayah kerja Puskesmas Barambai untuk memberikan penyuluhan, pencarian dan pemeriksaan tersangka kusta. mengingat Barambai merupakan daerah yang banyak mempunyai penderita kusta.Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan Dinas Kesehatan KAbupaten Barito KUala.

Dari kegiatan tadi banyak didapatkan tersangka kusta dan dimonitor selama 3 bulan kedepan untuk memastikan tersangka terjangkit kusta atau tidak.

walaupun penyakit ini bukan penyakit menular yang ganas akan tetapi bila terjadi keterlambatan berobat akan mengakibatkan cacat dan hilangnya kepercayaan diri penderita. oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk mencari sedini mungkin kasus baru penderita kusta sehingga tidak menyebarkan

Tim yang terjun kelapangan terdiri dari lintas program seperti Kepala Puskesmas, dokter, petugas kusta, petugas Penyuluh Kesehatan (Promkes), dan Bidan Desa. Hasil sejauh ini walau masih ditemukan penderita tapi tidak dalam kapasitas yang banyak. dari target 1/10000 penduduk setiap tahunnya ditemukan 1 -2 penderita baru yang akan di obati di Puskesmas Barambai.

Pada pemeriksaan pertama di Puskesmas, petugas memeriksa adanya cardinal sign yang merupakan ciri khas dari penyakit kusta. pada dewasa pemeriksaan ini berjalan lancar saja. akan tetapi pemeriksaan pada anak sedikit kesulitan. oleh karena itu sebaiknya dilakukan rujukan ke dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan laboratorium sebagai diagnosa pasti kusta pada anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: